Beranda | Artikel
Allah Sebaik-Baik Pembalas Tipu Daya
Kamis, 30 Juni 2022

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi

Tafsir Ali Imran Ayat 54 – Allah Sebaik-Baik Pembalas Tipu Daya adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Ayat-Ayat Ahkam. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Kamis, 30 Dzul Hijjah 1443 H / 30 Juni 2022 M.

Tafsir Ali Imran Ayat 54 – Allah Sebaik-Baik Pembalas Tipu Daya

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَمَكَرُوا وَمَكَرَ اللَّهُ ۖ وَاللَّهُ خَيْرُ الْمَاكِرِينَ ‏

“Mereka membuat tipu daya, dan Allah membalas tipu daya mereka. Dan Allah sebaik-baik pembalas tipu daya.” (QS. Ali Imran[3]: 54)

Mereka yang dimaksud -kalau kita hubungkan dengan ayat sebelum ini- adalah orang-orang yang kafir terhadap Isa bin Maryam.

Makar adalah tipu daya. Yaitu sebuah usaha untuk balas dendam kepada musuh dengan cara-cara yang tidak tersembunyi. Makar mirip dengan tipuan.

Ketika mereka membuat tipu daya kepada Isa bin Maryam maka Allah balas tipu daya mereka. Dan Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَاللَّهُ خَيْرُ الْمَاكِرِينَ

“Dan Allah sebaik-baik pembalas tipu daya.” (QS. Al-Anfal[8]: 30)

Mereka sepakat untuk membunuh Isa bin Maryam ‘Alaihis Salam. Allah Subhanahu wa Ta’ala selamatkan Isa bin Maryam dari makar mereka dan Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas tipu daya mereka.

Ada dua pendapat dalam penafsiran وَمَكَرَ اللَّهُ:

Pertama, di antara ulama ada yang mengatakan bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala menyerupakan pemimpin mereka dengan wajah Isa bin Maryam. Oleh karena itu ketika wajahnya diubah menjadi wajah Isa bin Maryam, mereka akhirnya membunuh pemimpinnya itu sendiri walaupun dia berkata “aku adalah pemimpin kalian.”

Mereka berkata: “Kau dusta, kau bukan sahabat kami, kau adalah Isa.” Maka mereka membunuhnya kemudian menyalibnya.

Penafsiran pertama ini tanpa diragukan lagi merupakan sebesar-besar makar yang Allah berikan kepada mereka.

Kedua, di antara ulama mengatakan bahwa Isa bin Maryam ketika mengetahui mereka masuk menemui Isa untuk membunuh Isa, maka Isa berkata kepada salah satu sahabatnya: “Siapa yang mau menerima Allah Subhanahu wa Ta’ala menjadikan wajahnya mirip denganku dan aku jamin dia akan masuk surga.”

Maka salah satu dari mereka menerima agar Allah Subhanahu wa Ta’ala jadikan wajahnya mirip dengan Isa. Sebagian pendapat mengatakan bahwa Allah menjadikan wajah para sahabat Isa ini mirip dengan Isa Alaihis Salam. Sehingga ketika mereka masuk menemui Isa dan sahabat-sahabatnya, maka mereka tidak tahu mana Isa yang sesungguhnya.

Bagaimana pembahasan lengkapnya? Mari Download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian Tafsir Ali Imran Ayat 54 – Allah Sebaik-Baik Pembalas Tipu Daya


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/51862-allah-sebaik-baik-pembalas-tipu-daya/